Google
Custom Search

Selasa, 20 September 2011

LAGU PERGERAKAN JOGJAKARTA

".. jogja jogja tetap istimewa
istimewa negrinya, istimewa orangnya
jogja jogja tetap istimewa
jogja istimewa untuk indonesia.. "

Seperti itulah sepotong lirik dari lagu ciptaan Marzuki Mohammad yang memiliki judul "JOGJA ISTIMEWA" ini. Lagu ini merupakan karya musik bernuansa mars pergerakan dan perjuangan yang dihiasi dengan bentuk 'rap' dan alunan nada yang juga bernafaskan Kraton Yogyakarta.

Musik ini sekiranya boleh dideskripsikan sebagai musik yang menceritakan suatu negri yang dipimpin oleh seorang raja yang mencintai dan dicintai rakyatnya. Rakyat yang selalu mendambakan diperlakukan secara adil, bisa hidup sejahtera namun tetap berbudaya dan menjaga nilai-nilai keluhuran bangsa dan negrinya. Secara lugas musik ini memang diciptakan seiring perjuangan rakyat Jogjakarta yang menentang keras pemerintah pusat yang menghendaki kepemimpinan provinsi di Yogyakarta dipilih melalui proses pemilu, padahal justru karena proses itulah keistimewaan Yogyakarta menjadi terancam punah. 

Rakyat menghendaki pengisian jabatan gubernur dan wakil gubernur adalah melalui proses penetapan yakni Sri Sultan Hamengku Buwono sebagai Gubernur dan Sri Paduka Paku Alam sebagai Wakil Gubernur dan bukan melalui proses politik yang tidak jarang hanya bernuansakan kepentingan yang sifatnya haus kekuasaan dan tidak memperdulikan nasib rakyat. 

Beberapa bagian lainnya dari lagu JOGJA ISTIMEWA ini juga mencerminkan wajah sebagian besar rakyat Yogyakarta yang senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai luhur budaya bangsa dan nilai-nilai kearifan lokal namun tetap memancarkan semangat nasionalisme yang tinggi terhadap keutuhan dari suatu republik. ***



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "LAGU PERGERAKAN JOGJAKARTA"